Saturday 4 April 2015

New Rules Motogp 2016 : Peraturan Baru Motogp 2016

Loversmotogp - Wacana Regulasi baru motogp untuk tahun 2016 mulai disusun, Komisi Grand Prix sudah mengumumkan beberapa peraturan baru motogp 2016. Ya, New Rules Motogp 2016 ini diumumkan saat Grand Prix Qatar  2015 digelar.




Pengesahan Regulasi baru motogp 2016 tersebut telah disahkan oleh Carmelo Ezpelata (Dorna), Ignacio Verneda (FIM CEO), Herve Poncharal (IRTA), Takano Tsubouchi (MSMA), Javier Alonso (Dorna),dan Mike Trimby (IRTA, Secretary of the meeting) 

Pada tahun 2015  pembagian kelas terbagi dari Factory, open, dan factory dengan konsesi atau disebut Factory2. Pada tahun 2016 kelas kelas tersebut tidak ada lagi, semua satu kelas berbasis pada kelas open tahun ini.

Dikutip dari TMCBLOG, perubahan regulasi motogp 2016 disebutkan sebagai berikut :

1.Karena basisnya adalah kelas open tahun 2015, maka software dan hardware yang digunakan semua sama, yang dibuat oleh Magneti Marelli. ECU atau Electronic Control Unit dan Unified Software adalah sama.

Penyeragaman ini tetap akan memberikan kelonggaran  kepada 3 pabrikan yang diberikan hak veto untuk melakukan pengembangan namun menggunakan biaya sendiri. Jika 3 pabrikan tersebut ingin suatu update ECU, maka Magneti Marelli akan melakukan perubahan. Ketiga pabrikan tersebut adalah Yamaha, Honda, dan Duccati.

2. Race akan menjadi 20 kali dan menggunakan bahan bakar dengan batas kapasitas 22 liter, bobot minimum motor adalah 157 kilogram.

3. Pabrikan yang pernah menang pada balap kering (dry race) tahun 2013, 2014 dan 2015 maka berlaku pembekuan mesin. Pengetesan motor oleh test rider dibatasi. Penggunaan mesin maksimum 7 mesin per tahun dann peraturan baru tentang konsesi baru yaitu berdasarkan poin :

- Podium ke 1 : 3 Poin
- Podium ke 2 : 2 Poin
- Podium ke 3 : 1 Poin

Pabrikan yang mengumpulkan 6 poin maka akan dihilangkan seluruh kemudahan konsesi. Sebagai contoh andai Ducati naik podium beberapa kali dan mengumpulkan poin hingga 6 poin maka race berikutnya Ducati akan setara dengan tim lain yang dibekukan pengembangan mesin, tes dibatasi dan penggunaan 7 mesin pertahun. 

kemudahan konsesi tim yang sebelumnya berada di kelas factory2 dalamm hal ini adalah Ducati sebagai berikut : 

- Mesin tidak dibekukan bebas diubah
- Tes boleh sesukanya
- Penggunaan mesin Maksimu 12 mesin

Hal istimewa konsesi itulah yang membuat beberapa pembalap merasa aturan kurang fair.

Itulah sederet Perubahan Aturan Motogp 2016 yang memang sudah resmi dan diberlakukan pada tahun mendatang.

Salam Loversmotogp

New Rules Motogp 2016


0 comments

Post a Comment